jump to navigation

Kotak Peralatan Hipnoterapis Mei 25, 2008

Posted by aguscen in Hypnosis, Hypnotherapy, Self Development.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Client Centered HypnotherpistKetika Anda mengunjungi seorang hipnoterapis, Anda mengunjungi seseorang yang dilatih secara profesional untuk bisa menjalankan pekerjaan tertentu, seperti Anda mengunjungi seorang seniman. Dan seperti layaknya seniman, seorang hipnoterapis memiliki banyak “alat” (baca cara), untuk membuatnya bisa melakukan tugasnya dengan baik. Hipnoterapis memiliki cara untuk menggali sejarah kasus Anda, membawa Anda masuk ke dalam kondisi yang ideal untuk melakukan terapi, dan cara untuk melakukan terapi atau restrukturisasi itu sendiri.

Apapun kasus yang ditanganinya, hipnoterapis Anda memilih cara dan pendekatan yang tepat untuk membantu Anda. Dan sebagai seorang yang terlatih secara profesional, biasanya minimal selama 100 jam tatap muka dengan trainer-nya, dia pasti memiliki “satu kotak peralatan” yang lengkap yang siap untuk digunakan. Tentu, Anda tidak ingin mempercayai seorang tukang kayu yang hanya memiliki martil bukan?

Jika satu-satunya alat yang dimiliki oleh seseorang adalah martil, maka semuanya akan dianggap paku. Ini sangat berbahaya.

Seorang tukang kayu tidak akan tahu alat mana yang akan dibutuhkan sampai dia melihat apa yang perlu diperbaikinya, barulah dia memutuskan untuk menggunakan alat yang mana. Sama juga dengan seorang hipnoterapis, dia tidak akan tahu cara mana yang bisa membantu Anda sampai dia tahu apa yang terjadi dengan Anda, caranya adalah Anda bertemu dengan terapis Anda.

Seorang hipnoterapis yang baik adalah dia yang menggunakan pendekatan yang terpusat pada kliennya. Bukan terpusat pada apa yang diinginkannya.

Banyak faktor yang menentukan teknik mana yang akan digunakan terapis untuk membantu Anda:

  • Simptom Anda, simptom yang berbeda mungkin saja membutuhkan pendekatan yang berbeda
  • Tujuan atau harapan Anda terhadap sesi terapi, mungkin Anda ingin tahu, mengapa simptom ini muncul pada awalnya, atau mungkin Anda tidak peduli kapan ini muncul dan Anda hanya ingin terbebas dari perasaan atau simptom ini. Apa yang Anda inginkan menentukan pendekatan mana yang akan digunakan hipnoterapis Anda, dengan syarat untuk kesembuhan dan bebasnya Anda dari masalah Anda, Anda perlu menuruti apa yang dibimbing oleh hipnoterapis Anda, tentu saja dengan persetujuan Anda. Anda memiliki kendali penuh atas pikiran Anda
  • Sejarah Anda, mungkin agak aneh, tetapi karir atau latar belakang, hobi, apa yang Anda sukai, ketidaksukaan Anda menentukan, cara mana yang akan digunakan terapis Anda
  • Sejarah terapeutik Anda, mungkin Anda sudah pernah menemui seorang hipnoterapis sebelumnya, atau Anda belum pernah. Ini perlu diketahui oleh terapis Anda. Ini juga menentukan pendekatan apa yang akan digunakan.
  • Sistem keyakinan Anda, keyakinan Anda, kepercayaan Anda terhadap keyakinan atau agama Anda juga menentukan bagaimana seorang hipnoterapi membantu Anda, jika seorang hipnoterapis menggunakan pendekatan yang bertolak belakang dengan keyakinan Anda, maka Anda tidak dapat dibantuk untuk melakukan transformasi dalam kehidupan Anda.
  • Pilihan terapis, mungkin terapis Anda memiliki cara tertentu untuk membantu Anda, mungkin terapis A dan B bisa memiliki pendekatan yang berbeda, tetapi berdasarkan pada satu sumber, yaitu Anda sebagai klien
  • Pelatihan yang diperoleh, mungkin terapis Anda selama ini dilatih untuk menggunakan pendekatan analisa, atau berorientasi pada solusi, yang mana menemukan akar masalah yang Anda alami dan membantu Anda dari masalah mental yang Anda hadapi.

Cara yang digunakan hipnoterapis Anda mungkin bervariasi, bergantung dari apa yang ingin Anda bereskan. Seorang tukang kayu bisa saja menggunakan berbagai variasi alat, yang penting adalah pesanan Anda bisa Anda dapatkan dengan hasil yang memuaskan. Pastikan memilih seseorang yang memiliki alat atau cara yang lengkap, bukan hanya memiliki satu jurus atau satu alat saja misalnya hanya memiliki martil saja. Anda bisa juga membacanya di artikel ini, dan yang ini, terus yang ini juga.

Ingat, pada akhirnya, hipnoterapis akan memilih cara yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda menginginkan cara tertentu untuk menangani masalah Anda, dan terapis Anda tidak setuju serta memilih cara yang berbeda, dia pasti memiliki alasan yang kuat untuk itu. Hipnoterapis yang baik menggunakan pendekatan yang terpusat pada klien.

salam sukses

Agus Setiawan

sub-conscious coach

About these ads

Komentar»

1. edy widjaja - Mei 25, 2009

Bila sistem keyakinan klien berbeda dengan praktisi hipnoterapis apakah tidak akan terjadi pertentangan karena ia telah memiliki konsep yang tidak sejalan dengan kliennya?

aguscen - Mei 26, 2009

Client Centered Hypnotherapist, inilah yang seharusnya disematkan setiap Hypnotherapist Professional. Artinya bagaimana? Artinya, Terapis akan selalu menggunakan semua sumber daya dari klien, keyakinan, nilai-nilai, kepercayaan klien untuk perubahan dan transformasi dalam diri klien. Terapis yang baik, tidak akan pernah menggunakan keyakinan, kepercayaannya untuk melakukan terapi.

salam,

Agus Setiawan, C.Ht – Quantum Hypnosis Indonesia
Subconscious Coach

2. dyah - Januari 20, 2010

di mana saya bisa mendapatkan hipnoterapis untuk wilayah Surabaya?

aguscen - Januari 21, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: