jump to navigation

Apa Yang Mendeskripsikan Anda Saat Peak Performance? April 10, 2008

Posted by aguscen in Coaching.
trackback

Suatu hari dalam sesi business coaching yang saya ikuti bersama tim, saya ditanya oleh coach sebuah pertanyaan yang sangat menarik. Sebuah pertanyaan yang membuat saya berpikir keras mencari jawabannya.

Pertanyaannya begitu sederhana, namun jawabnya susah.

Dia bertanya, dalam kondisi peak performance, apa 8 kata sifat yang mewakili kamu, sehingga kamu merasa peak performance?

hmmm, saya sempat shock ditanya seperti itu. Awalnya pertanyaan ini timbul karena pertanyaan sebelumnya. Coach bertanya kepada saya, apakah saya senang dengan hasil yang saya capai bulan lalu, kebetulan tim penjualan saya mencapai 38 siswa baru yang mendaftar di Sinotif dalam satu hari. Ini adalah angka yang menyenangkan. Namun karena target keseluruhan belum mencapai saya agak merasa down. Lalu saya menjawab, ya lumayan lah.

Lalu dia bertanya lagi, Bagaimana kamu memandang diri kamu sendiri? Karena hasil yang kurang baik, saya menjawab, seharusnya saya merasa baik, tapi ini membuat saya merasa saya belum cukup baik.

Lalu muncullah pertanyaan pamungkas, 8 Kata sifat apa yang mewakili kamu saat kamu peak performance?

Cukup kaget, dan cukup lama memikirkannya, saya menjawab ‘Kreatif.’ ‘Ok,’ dia bilang, lalu menuliskan kata kreatif di flipchart. ‘Whatelse?’, katanya… Fast, jawab saya, lalu dia menuliskannya lagi. Cukup lama waktu yang saya butuhkan untuk menjawab pertanyaan ini, sampai sempat saya mengatakan, ‘apa harus 8 coach?’

‘Harus.’ katanya. Dengan cukup sulit akhirnya saya menyelesaikan jawabannya ini, berikut adalah jawaban saya atas pertanyaan itu:

1. Creative

2. Fast

3. Excellence

4. Resourceful

5. Firm

6. Desicive

7. Enthusiastic

8. Confident

Wow, ternyata saat saya peak, inilah keadaan saya. Saya merasa bersemangat sekali dengan jawaban saya sendiri, eh, kemudian dia bertanya lagi, ‘What does it seem to be not align?’

Lho, masa ada yang tidak sejalan dengan apa yang membuat saya peak? Dibuat pusing lagi saya dengan pertanyaan ini, malah bantah lagi sama coach, ‘mana ada yang tidak align coach?’

Setelah saya membantah ini, dia bertanya lagi ke saya dengan pertanyaan yang sama, ‘apa yang tidak align dari 8 sifat ini?’

setelah beberapa lama, oh, saya merasa fast dan decisive kurang align coach.

‘Good!!!’ katanya. ‘Bagaimana itu tidak Align?’, dia melanjutkan.

Saya pikir, enak sekali jadi coach, bertanya melulu, yang jawab yang pusing.

Sambil geleng-geleng kepala, saya mengatakan, ‘coach, ada karma apa antara coach dan saya?’ hahahaha

Kemudian, karena di-push terus-menerus, saya tahu jawabannya. Saya merasa bahwa jika saya harus cepat, maka saya akan ada kesulitan untuk Decisive. Nah, ini seperti sebuah kilatan dalam benak saya. Oh ternyata seperti itu. Lalu saya ditanya lagi, ‘Apa yang harus diubah supaya semuanya align?’

Yah, ditanya lagi d. Setelah memikirkannya sebentar, saya menjawab bahwa, pengertian atas kata sifat ‘fast’-lah yang harus saya ubah. Definisi kata ini saya ubah menjadi lebih fleksible. Dan saya merasa lebih nyaman dengan 8 kata sifat ini.

Lega rasanya karena merasa seakan-akan sudah selesai menggali saya, langsung saya dihantam dengan pertanyaan berikutnya, ‘Apa yang tidak ada saat ini, dari 8 kata sifat ini, untuk menjalankan tugas kamu yang sekarang kamu tunda?’

DUUUEEERRR….!!!! Kaget juga saya, spontan saya langsung menjawab,, Antusiasme! Oh!! Saya mengerti sekarang, inilah yang menyebabkan saya menunda-nunda tugas yang sebenarnya sangat penting ini. Saat mau melakukannya selalu saja ada alasan, nggak ada ide lah, lagi sibuk lah, macam-macam. Sekarang, dengan mengetahui ini, saya sedang memperbaiki, supaya saya bisa menyelesaikan ini semua.

Thank you for the inspiration coach.

Teman-teman pembaca, Anda juga bisa melakukan ini pada diri Anda sendiri. Bertanyalah kepada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan di atas. Semoga Anda selalu Sukses!

 

salam,

 

Agus Setiawan

Komentar»

1. Dwi - April 11, 2008

It’s great to know this. No one ever asked me such questions b4,. and I’m sure everybody will get some inspiration from here as well.,. keep going

2. Ely - April 17, 2008

Great!!
kamu juga sudah memberi inspirasi dg tulisan kamu ini Gus…
selamat menuju sukses!!

3. aguscen - Mei 14, 2008

Terima kasih Bu
Selalu sukses ya

salam

Agus Setiawan
Sub-Conscious Coach

4. jaulah - Juni 9, 2008

gUS SUPAYA antusias itu gimana??? apa bisa di anchor??

5. aguscen - Juni 9, 2008

kalo anchor itu pasti, dengan setiap kali kita pada peak, lakukan sebuah gerakan sebagai tanda (anchor), lalu lakukan berkali-kali. Setelah itu saat diperlukan, tinggal mengaktifkan tanda itu, maka kita akan kembali ke dalam kondisi yang kita inginkan. Kalau dilakukan dalam kondisi deep trance, maka cukup sekali dan menjadi permanen.

salam,

Agus Setiawan
Subconscious Coach


Tinggalkan Balasan

