jump to navigation

Ego State Therapy 1 April 25, 2008

Posted by aguscen in Hypnotherapy.
trackback

Belakangan ini saya mendapatkan beberapa klien yang saya terapi dengan menggunakan Ego state therapy, atau ada yang menyebutnya Parts Therapy.

Ego State atau Parts (bagian) secara sederhana dapat kita sebut sebagai bagian dari diri kita. Kita semua pernah mengalami sebuah proses di mana seolah-olah kita sedang berbicara dengan diri kita sendiri, atau mungkin terjadi diskusi atau perdebatan dalam kepala kita, seolah-olah ada orang lain yang berbicara dalam kepala kita. Mungkin Anda berpikir ini adalah kepribadian ganda, bukan, bukan juga tenis ganda, eh salah… Semua ini adalah normal.

Misal, pada saat Anda mau kerja lembur, Anda merasakan sakit di bagian kepala Anda. Setiap kali Anda melakukan kerja ekstra, maka rasa sakit ini akan muncul. Nah, jika kita usut dengan menggunakan teknih Ego State Therapy, maka kemungkinan yang paling sering muncul adalah ada dua bagian yang konflik di sini, satu bagian ingin sukses, maka membuat Anda ingin bekerja lebih banyak, sedangkan bagian yang satunya ingin Anda menjaga kesehatan sehingga dia ingin Anda untuk beristirahat, karena Anda bandel tidak ingin istirahat, maka dibuatlah sakit di kepala Anda.

Perhatikan bahwa saya menuliskan dan Anda membaca kata “kemungkinan yang paling sering muncul”, ini artinya, tidak semuanya akan seperti ini. Setiap individu pasti akan berbeda. Ini adalah salah satu contoh kasus yang pernah saya bantu. Ada juga orang yang menemukan bagian dirinya yang sombong, malas, mudah sakit dan masih banyak lagi.

Sebuah hal yang menarik di sini adalah, siapapun bagian diri Anda, apapun perannya, apapun yang dilakukannya, misalnya membuat Anda sakit, membuat Anda malas, semuanya memiliki satu tujuan yang hampir sama, membuat Anda bahagia, melindungi Anda dan lainnya. Intinya semua ini adalah untuk kebaikan Anda, hanya saja memang ada yang menurut kita (pikiran sadar) tidak baik.

Namun ini adalah bawah sadar, yang dimengerti bawah sadar adalah tujuan utama atau niatnya, efek sampingnya apa tidak akan dikenali sampai kita mengedukasinya dengan bertemu dengan bagian ini dan berbicara dengannya.

Ada banyak orang yang mengalami konflik yang cukup berat antar bagian dalam dirinya, ini bisa dibantu dengan ego state therapy, kadang-kadang seseorang sampai mengalami dia tidak bisa sukses, atau bahkan tidak bisa membuat sebuah panggilan penjualan, atau pada saat presentasi akan mengalami demam panggung… Semua ini bisa kita sebut sebagai sabotase diri, dengan melepaskan sabotase diri ini, maka seseorang dapat memiliki kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, lebih bahagia.

Dalam beberapa kasus, saya tidak hanya bertemu dengan 2 bagian yang konflik saja, saya pernah menemukan ada 6 bagian yang saling konflik saling silang, ini sangat luar biasa, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa “mendamaikan” konflik ini.

Anda bisa saja berkomunikasi dengan bagian dari diri Anda, mungkin Anda merasa ada kejadian yang sering kali terjadi dalam hidup Anda, cobalah untuk rileks dan niatkan diri Anda bahwa Anda ingin berbicara dengan bagian diri Anda yang membuat sebuah kejadian/emosi yang berulang yang terjadi pada diri Anda. Jika bagian ini bersedia untuk berbicara, ingat untuk berterima kasih dengan bagian ini. Anda dapat melakukannya sendiri jika Anda merasa bahwa ini adalah kasus yang masih bisa Anda atasi sendiri.

Jika Anda merasa ini melibatkan emosi yang cukup besar, Anda perlu bantuan profesional yang bisa melakukannya dengan baik.

Apakah setiap orang bisa melakukannya? Bisa, asal tau caranya. Lah, kalo gitu cara yang diatas apa bisa dipakai? Bisa. Memang tidak setiap orang mudah untuk melakukannya, apalagi orang yang memiliki banyak analisa, “ini iya bukan ya?… masa seperti ni sih?..” ini akan lebih sulit.

anyway, silahkan mencoba, dan ingat mulailah dari hal-hal yang mudah dan kecil dulu…

 

salam sukses,

 

Agus Setiawan

Komentar»

1. Rizal Goesasi - April 28, 2008

To Mr. Agus….
He he he mantep bener blog lo nih Gus……
Maju terus kawan..

2. aguscen - April 28, 2008

wow, terima kasih pak Rizal,
sukses selalu buat bapak

salam,

Agus Setiawan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: