jump to navigation

Sejarah Singkat Hypnosis Mei 28, 2008

Posted by aguscen in Hypnosis, Hypnotherapy.
Tags: , ,
trackback

Mesir KunoHipnosis bukanlah sebuah konsep baru, konsep ini sudah muncul sejak jaman mesir. Tulisan mesir kuno menggambarkan penduduk lokal mengalami kondisi hipnosis sebagai bagian dari ritual agama. Praktik hipnosis di awal jaman ini banyak dikaitkan dengan kepercayaan terhadap agama, sihir, dan yang berkenaan dengan ilmu gaib. Ritual ini sering terjadi penyembuhan penyakit selama keadaan yang dulunya disalah artikan sebagai tidur (sebenarnya adalah kondisi trans hipnosis). Pendeta-pendeta mesir akan menghipnosis orang untuk menyembuhkan penyakit dengan menggunakan sugesti langsung.

Sama juga dengan jaman Yunani kuno, para penyembah mengunjungi kuil untuk berdoa kepada Dewa Hypnos, dewa tidur, yang menganugerahi mereka dengan penyembuhan dan mimpi ramalan. Tercatat dengan baik bahwa orang akan tidur di kuil Aesculapius, Dewa Obat di jaman Yunani kuno, sementara seorang pendeta akan berbicara dalam keadaan tertidur, memberikan petunjuk untuk penyembuhan.

Sebenarnya, sangat tidak mungkin untuk mengatakan dari mana hipnosis berasal. Mulai dari umat manusia mengembangkan komunikasi verbal, saat itu juga ada kemungkinan terjadinya praktik di mana seseorang mengekspresikan kata-kata yang bisa menginduksi seseorang masuk ke dalam kondisi trans, untuk merubah kesadaran sehari-hari. Banyak budaya awal menunjukkan bukti yang menimbulkan fenomena hipnosis dalam spiritualitas dan penyembuhan.

Fenomena hipnosis yang sama pada jaman modern ini, seperti trans, terlihat di kemah pemulihan, di mana tangan seseorang diletakkan di tubuh seseorang dan dan orang tersebut merasa ‘tersembuhkan.’

Sejarah hipnosis adalah topik yang mengagumkan. Jika Anda membaca sejarah hipnosis selama berabad-abad, budaya yang berbeda memiliki pandangan yang berbeda pula. Sering kali ada reputasi keragua-raguan dan atau sesuatu kekuatan yang dihubungkan dengan hipnosis. Ini bisa terjadi karena sampai abad 19, konsep pikiran tidak sadar masih belum diketahui dan hipnosis mungkin kelihatannya seperti sebuah agama, atau mungkin praktik supranatural.

Kira-kira seperti inilah gambaran sejarah singkat dari hipnosis.

salam sukses

Agus Setiawan

Subconscious coach

Komentar»

1. edi - Desember 16, 2009

apakah ada ketentuan batasan jarak hipnosys

aguscen - Desember 20, 2009

Halo mas Edi, ini jarak waktu atau jarak tempat ya?

Jika jarak tempat, setiap sesi hipnosis adalah sesi tatap muka.

Jarak waktu yang ideal antar sesi adalah 3 sampai 10 hari.

salam

2. rowan - April 29, 2010

perlukah kita mempunyai bakat untuk mempelajari bidang ini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: