jump to navigation

Dunia sudah berubah Juni 14, 2008

Posted by aguscen in Self Development.
Tags: ,
trackback

hmm, dunia selalu berubah setiap hari, lalu mana perubahan yang dimaksud?

coba kita perhatikan lingkungan sekitar kita, banyak keluarga dalam lingkungan kita yang menggunakan jasa baby siter atau pengasuh, atau suster (yang ini saya juga bingung apakah sebutannya benar). Lho, terus apa yang aneh?

Tentu tidak aneh, karena telah banyak prang dalam lingkungan kita yang telah menggunakan jasa ini. Jadi biasa-biasa saja donk.

Perubahan ini akan berasa jika kita melihat 10 tahun yang lalu. Bagaimana kehidupan sebuah keluarga sepuluh tahun yang lalu? Apakah sebuah keluarga memerlukan seorang baby sitter? Bisa ya, bisa tidak, tetapi kalaupun ada, berarti tidak begitu mencolok seperti sekarang ini.

Apa sih yang mencolok?

Sebelum saya menjawab pertanyaan ini, saya ingin mengajukan pertanyaan lain. Anak sekarang lebih dekat dengan orangtuanya atau pengasuhnya?

Suatu hari pasangan saya berjalan pulang dari kantor, dan melihat sebuah pemandangan yang sangat tidak lazim menurutnya. Dia melihat seorang ibu, berjalan bersama dengan baby sitter yang sedang menggendong anaknya, dan si ibu malah yang membawakan barang-barang bayinya. Mungkin ibu ini tidak mau capek.

Secara logika, seharusnya ibu yang menggendong anak sambil membangun sebuah komunikasi dengan anaknya, menurut saya ini terbalik. Apakah ini masa depan anak-anak kita? Lebih dekat dengan baby sitternya? Apa yang terjadi jika baby sitter ini pulang kampung dan tidak kembali lagi? Kebanyak orangtua akan pusing dan mencari lagi yang baru.

Inilah yang mencolok, mengapa anak kita yang perlu kita bangun pribadi dan harga dirinya sejak dini malah kita serahkan sebagian besar waktu anak kita pada seseorang yang belum pernah memiliki anak? Walaupun dia sudah diberikan training. Tetap saja hubungan emosionalnya berbeda.

Tiba-tiba saja sebuah pertanyaan muncul dalam pikiran saya, Apakah kita mau (saat kita masih kecil) ditinggal bersama dengan baby sitter? Bagaimana perkembangan kita jika kita bersama dengan orangtua dibanding dengan baby sitter?

hmmm, yang saya pikirkan adalah bagaimana saya dan pasangan saya bisa membesarkan anak kami tanpa campur tangan terlalu banyak dari pihak luar (yah, khan kami belum mengalaminya, siapa tahu?)

anyway, Dunia sudah berubah sekarang

salam

Agus Setiawan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

