jump to navigation

Figur Otoritas (lanjutan) Januari 23, 2009

Posted by aguscen in hipnoterapis, Hypnosis, Hypnotherapy, Self Development.
Tags: , , , ,
trackback

“A teacher affects eternity; he can never tell where his influence STOP”
– Henry B. Adams

Guru memiliki kesan begitu mendalam dalam diri kita semua. Seorang guru, sebaik atau seburuk apapun adalah figur otoritas. Jika sang guru begitu bajik dan bijaksana, karena dia telah bisa bijaksini dulu🙂 maka murid akan selalu mengenang dan termotivasi dengan apa yang dikatakan guru tersebut kepadanya. Akan tetapi jika guru yang buruk, maka dia akan meninggalkan luka-luka yang tidak baik untuk anak didiknya.

Dalam artikel sebelumnya saya juga sempat membahas sedikit tentang figur otoritas, silahkan dibaca di sini.

Saya pernah mengunjungi sebuah sekolah yang masih sangat baru, sekolah ini baru saja dibentuk. Saya sempat berdiskusi dengan guru-guru di sekolah ini, saya cukup kaget dengan apa yang mereka lakukan terhadap siswa.

Mereka memiliki pendapat bahwa, mereka harus keras dan “tegas” (baca killer) dalam mengajar. Sehingga siswa takut dan “tunduk” pada diri mereka. Mendengar hal seperti ini saja membuat saya membayangkan bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan siswanya. Dalam bayangan saya, mereka akan bertindak dengan 2 acuan, pertama, guru selalu benar dan yang kedua, jika guru salah, maka silahkan lihat aturan nomor satu. Seperti penjualan saja ya…

Mungkin ini hanya terjadi dalam pikiran saya saja, saya sangat berharap demikian. Karena jika apa yang saya pikirkan terjadi, saya tidak bisa membayangkan, seperti apa masa depan siswa sekolah ini, bagaimana masa depan generasi bangsa kita selanjutnya.

Apa sih yang saya bayangkan?

Begini, seperti yang Anda baca di atas, saya memikirkan apa saja yang dikatakan guru itu kepada siswanya. Ada banyak klien hipnoterapi yang datang ke saya, mereka mengalami kesulitan dalam belajar. Mereka telah belajar dengan begitu keras, namun hasil yang didapat tidak bagus. Atau malah mereka tidak bisa mengerti apa yang telah mereka pelajari.

Apa penyebabnya?

Gurunya mengatakan bahwa mereka itu bodoh. Ada sebuah kasus, seorang guru mengatakan, “Gila, kamu mau belajar Kimia? Jangan harap dah kamu bisa ngerti. Kamu tuh lambat dalam berpikir.” Karena sebuah kalimat yang keluar dari gurunya ini, klien yang datang menemui saya meminta bantuan ini menganggap bahwa dirinya memang lambat dan bodoh. Dan dia tidak bisa mengerti pelajaran dengan baik, terutama pelajaran Kimia, dia selalu mendapatkan nilai 4 atau 3, usaha seperti apapun yang diberikannya untuk berusaha memahami pelajaran ini. Jika kita biarkan terus seperti ini bagaimana nasib anak ini?

Yang lebih penting adalah bagaimana kualitas guru kita menjadi lebih baik setiap hari. Karena peran guru adalah membangun bangsa, saya tidak bermaksud untuk menggurui, saya sangat respek kepada guru-guru saya.  Baik guru formal maupun guru yang saya temui dalam sekolah kehidupan saya.

Perkataan seorang guru bisa menjadi sebuah modal yang bisa membangun harga diri murid jika guru ini bisa memberikan kata-kata yang tepat dan contoh yang tepat pula. Dan perkataan seorang guru dapat melumpuhkan seorang murid jika dia melakukan seperti contoh ini.

Tentu dengan mengalirnya informasi yang begitu derasnya, saya yakin performa guru-guru di Indonesia akan semakin hari semakin baik. Jika tidak bagaimana nasib bangsa kita selanjutnya?

Nah, tidak hanya guru, yang punya peran lebih besar adalah orangtua. Bagaimana orangtua bersikap dan berkata-kata kepada anaknya akan memberikan pengaruh besar bagi kehidupannya. Bisa dibilang, orangtua adalah figur otoritas tertinggi, setelah Tuhan tentunya. Dan kita selama ini selalu belajar untuk meraih profesi yang kita inginkan dalam kehidupan, namun untuk menjadi orangtua, profesi yang paling mulia di dunia ini, kita tidak pernah belajar dengan baik. Untuk informasi tentang sekolahorangtua silahkan klik disini.

Hipnoterapi dapat membantu Anda yang mengalami hal seperti ini dengan melakukan relearning dan peningkatan kesadaran. Dengan proses yang tepat, Anda bisa bebas dari masalah belajar maupun yang telah mempengaruhi Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar»

1. duduksendiri - Maret 20, 2009

saya wi salah satu mahasiswi di PTN surabaya, kebetulan dosen saya selalu mengatakan hipnoterapi, saya penasaran dan search di google, ketemulah artikel blog anda.tapi sayangnya disini anda tidak menjabarkan hipnoterapi secara rinci, hanya seperti mukadimahnya saja, bisa tidak di postingan selanjutnya anda memaparkan lebih tentang hal ini. terimakasih.

aguscen - Maret 20, 2009

Halo Wi…
Hipnoterapi secara rinci, apa yang Anda inginkan? apakah sejarahnya? caranya? atau bagaimana hipnoterapi dan hipnosis dalam dunia psikologi?
kalau bisa lebih spesifik. jadi saya bisa memberikan yang terbaik.
untuk hypnotherapy bisa dibaca di sini, dan hypnosis juga bisa di baca di sini, klik saja.
Salam,

Agus Setiawan, C.Ht
Subconscious Coach


Tinggalkan Balasan

