jump to navigation

Apa Itu Hypnosis?

Para pakar hipnosis masing-masing memberikan definisi mereka untuk kata hipnosis. Beberapa definisi itu antara lain:

1. Hipnosis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas meningkat sangat tinggi

2. Hipnosis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak

3. Hipnosis adalah seni eksplorasi alam bawah sadar

4. Hipnosis adalah kondisi kesadaran yang meningkat

5. Hipnosis adalah suatu kondisi pikiran yang dihasilkan oleh sugesti

6. Hipnosis adalah kondisi di mana pikiran sadar / critical factor di-by pass

7. Hipnosis adalah pemusatan fokus pikiran hanya kepada satu ide atau konsep

Definisi yang sekarang paling banyak digunakan adalah definisi yang dikeluarkan oleh US Dept of Education, Human Services Division:

”Hypnosis is the bypass of the critical factor of conscious mind and followed by the establishment of acceptable selective thinking”

(Hipnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya pemikiran atau sugesti tertentu)

Jenis Hipnosis

Berikut ini adalah jenis hipnosis dan manfaatnya.

1. Stage Hypnosis : hipnosis yang digunakan untuk pertunjukan hiburan.

2. Clinical Hypnosis atau Hypnotherapy

Clinical Hypnosis atau Hypnotherapy adalah aplikasi hipnosis dalam menyembuhkan masalah mental dan fisik (psikosomatis). Aplikasi dalam pengobatan penyakit antara lain: depresi, kecemasan, phobia, stress, penyimpangan perilaku, mual dan muntah, melahirkan, penyakit kulit, dan masih banyak lagi.

3. Anodyne Awareness

Anodyne Awareness adalah aplikasi hipnosis untuk mengurangi rasa sakit fisik dan kecemasan. Banyak dokter, tenaga medis, perawat, dan dokter gigi menggunakan teknik anodyne untuk membantu pasien menjadi rileks dengan sangat cepat dan mengurangi rasa sakit dengan mental anestesi.

4. Forensic Hypnosis

Forensic Hypnosis adalah penggunaan hipnosis sebagai alat bantu dalam melakukan investigasi atau penggalian informasi dari memori.

5. Metaphysical Hypnosis

Metaphysical Hypnosis adalah aplikasi hipnosis dalam meneliti berbagai fenomena metafisik. Jenis hipnosis ini bersifat ekperimental.

Jenis Hipnosis Menurut Pelakunya

1. Self Hypnosis

Self hypnosis adalah hipnosis yang dilakukan oleh diri sendiri terhadap diri sendiri.

2. Hetero Hypnosis

Hetero hypnosis adalah hipnosis yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain. Contohnya adalah hipnosis yang dilakukan seorang hipnotis atau hipnoterapis terhadap subjek atau klien.

3. Para Hypnosis

Para hypnosis adalah kondisi hipnosis yang terjadi karena pengaruh obat. Contohnya adalah pasien yang dibius atau dianestesi saat akan dioperasi. Walaupun secara fisik pasien telah ”tidak sadar” namun pikiran pasien masih aktif dan tetap dapat mendengar apa yang dikatakan oleh orang di sekitarnya.

Waking Hypnosis adalah hipnosis yang dilakukan dalam keadaan sadar. Yang terjadi adalah informasi yang disampaikan oleh orang yang dipandang sebagai figur otoritas akan dengan sangat mudah menembus critical factor / filter mental dan masuk ke pikiran bawah sadar seseorang dan diterima tanpa argumentasi atau penyelidikan lebih lanjut.

Contoh Kondisi / Lingkungan Terjadinya Hipnosis

Komentar»

1. OLD FRIEND - Juni 29, 2008

LUAR BIASA,DHASYAT,FASTASTIC, YES YES YES……!

2. dito06 - September 15, 2008

NIce blog…lam knal…tetap Semangat..!!!

3. novianti - November 25, 2009

saya seorang ibu rumah tangga yang ingin saya tanyakan bagaimana cara menhipnotis diri sendiri ataupun anak agak dapat memberikan masukan yg positif dan bermanfaat bagi dirinya maupun anak kami terhadap tanggng jawab dan kasih sayang

aguscen - November 25, 2009

Halo ibu Novi,

Salah satu bentuk hipnosis diri yang paling mudah adalah dengan afirmasi. Jadi selalu berbicara hal-hal positif kepada diri sendiri adalah salah satu bentuk pemrograman diri. Sama juga dengan kepada anak. Jika kita menyampaikan hal yang positif kepada anak, maka anak sendiri juga terprogram, dan orangtua karena sebagai figur otoritas, maka pesan itu akan masuk dengan baik. Tips nya adalah puji dan berikan komentar baik untuk perilakunya. Bukan kepribadiannya. Misalnya: anak ibu memberikan bunga kepada ibu, jika ibu mengatakan: “oooo, anak ku baik sekali” ini sama juga dengan ibu mengatakan “kalau kamu tidak membawakan bunga, kamu bukan anak baik”

Seharusnya, Ibu mengatakan: “Ow, ibu tersanjung sekali, terima kasih atas bunganya.” Ini akan memberikan penghargaan diri yang jauh lebih baik. Anak menjadi percaya diri, dengan percaya diri dan harga diri yang positif, karakter yang ingin ibu berikan akan jauh lebih mudah. Dibimbing dengan penuh kasih sayang orangtua adalah penerang jalan yang dipilih oleh anak.

salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: